Kamis, 12 Oktober 2017

Laporan Hasil Wawancara perusahaan Ledtronik Group

LAPORAN HASIL WAWANCARA
Diajukan untuk memenuhi tugas akhir semester mata kuliah Pengantar Bisnis dan Manajemen
Dosen Pengampu : Ari Widyawati S.E, M.M
Disusun Oleh :
Evi Yuliani (11623168)
Kelas : I/E

FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
JURUSAN PERBANKAN SYARAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK


LAPORAN HASIL WAWANCARA

Narasumber           : Izhar
Pewawancara        : Evi Yuliani
Hari / Tanggal       : Minggu / 18 Desember 2016
Pukul                     : 16.00-selesai
Tempat                  : CV Istiqomah Primary


PROFIL USAHA
Nama usaha yang dijalankan dalam perusahaan tersebut yaitu Ledtronik Group yang beralamat di jalan Parit Haji Husin 2 Komplek Pesona Mutiara Dewata No. H1. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 29 November 2015 dengan nama pemilik usaha tersebut yaitu Primana Rullyant Hanif dan Izhar. Jenis usahanya berbentuk Comanditer Venootschap (CV) atau Perusahaan Komanditer yang bergerak dalam bidang elektronik dengan nama CV nya yaitu CV Istiqomah Primary.

ASPEK MANAJEMEN PRODUKSI
Ditinjau dari aspek manajemen produksi ada beberapa aspek yang perlu dibahas yaitu banyak produk yang dihasilkan dan rata-rata produk terjual per hari atau per bulannya, jenis barang yang dihasilkan, perijinan usahanya, waktu pengerjaan produk, serta alat-alat dan bahan yang digunakan untuk memproduksi barang tersebut.
a.       Banyak produk yang dihasilkan dan rata-rata produk yang terjual
Perusahaan Ledtronik Group dalam satu hari dapat memproduksi 5-10 barang, yang terdiri dari jam shalat home edition, jam shalat masjid. Namun dalam penjualannya, perusahaan tersebut bisa menjual rata-rata 40 jam shalat masjid dan 20 jam shalat home edition per bulan. Adapun rincian harga dari produk tersebut yaitu:
a.       Jam shalat masjid                    : Rp 3.800.000
b.      Jam shalat home edition          : Rp 1.300.000





b.      Jenis barang yang dihasilkan
Perusahaan Ledtronik Group telah memproduksi beberapa jenis barang yaitu:
a.       Jam shalat masjid
b.      Jam shalat home edition
c.       Videotron
d.      Running Text

c.       Perijinan Usaha
Dilihat dari jenis usahanya yang berbentuk CV maka perusahaan elektronik ini sudah memiliki perijinan usaha. CV merupakan salah satu bentuk badan usaha yang ingin melakukan kegiatan usaha dengan modal terbatas. CV merupakan badan usaha yang tidak berbadan hukum dan kekayaan para pendirinya tidak terpisahkan dari kekayaan CV. Perusahaan perseroan komanditer dijalankan oleh seorang sekutu aktif dan bertanggung jawab atas semua resiko atau kewajiban kepada pihak ketiga. Tanggung jawab ini juga sampai pada penggunaan harta pribadi, jika harta perusahaan tidak cukup untuk memenuhi kewajibannya. Adapun  sekutu pasif hanya menyetorkan sejumlah dana , namun tidak terlibat dalam pengelolaan perusahaan.

d.      Waktu pengerjaan produk
Perusahaan tersebut dapat memproduksi 1 barang dalam waktu kurang lebih 2 jam, Karena bahan-bahan yang dikerjakan sudah dalam bentuk setengah jadi. Mengingat karyawan dari Ledtronik Group ini sebanyak lima orang maka Pengerjaan produknya ada yang dikerjakan oleh orang diluar perusahaan seperti dengan bantuan Mebel dalam pembuatan frame dan juga perakitan untuk alat tersebut juga dilakukan oleh orang luar yang mana yang bertugas dan bertanggungjawab dalam mengawasi pekerjaan tersebut adalah karyawan dibagian produksi. perusahaan tersebut setiap harinya mulai beroperasi dari  jam 08.00 – 16.00 WIB.








e.       Alat-alat yang digunakan
Alat-alat yang digunakan untuk memproduksi barang jam shalat masjid maupun jam shalat home edition sebagai berikut:
1.      Solder;
2.      Pemotong besi;
3.      Obeng;
4.      Tang dll;

f.       Bahan baku yang digunakan
Bahan baku untuk membuat produk dalam perusahaan tersebut terdiri dari:
1.      Modul (impor dari tiongkok)
2.      Aluminium
3.      Controller
4.      Kabel
5.      Frame















ASPEK MANAJEMEN KEUANGAN
            Manajemen keuangan merupakan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan cara perusahaan untuk memperoleh pendanaan modal, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan. Tujuan utama manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap aset yang dimiliki oleh pemegang saham. Ditinjau dari aspek manajemen keuangannya, ada beberapa hal yang akan dibahas seputar perusahaan Ledtronik Group yaitu mengenai laporan keuangan, pengerjaan laporan keuangan dan pendapatan perusahaan tersebut.
1.      Laporan keuangan
Laporan keuangan sangat penting dalam setiap menjalankan suatu usaha karena dengan adanya laporan keuangan manajer atau pemilik usaha bisa melihat dan mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan serta prospek perusahaan tersebut untuk kedepannya serta digunakan untuk melihat bagaimana perkembangan dari usaha yang dijalankan apakah perusahaan tersebut untung ataupun mengalami suatu kerugian. Oleh karena itu manajer atau pemilik usaha bisa dengan mudah untuk mengevaluasi perusahaan tersebut sehingga usaha bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang.
Laporan keuangan yang digunakan oleh perusahaan ledtronik sama halnya dengan yang digunakan oleh perusahaan lain pada umumnya meskipun laporan keuangannya masih sederhana yaitu dengan menggunakan Jurnal umum, Neraca, jurnal penyesuaian dan laporan arus kas.

2.      Pengerjaan Laporan Keuangan
Laporan keuangan untuk perusahaan Ledtronik dikerjakan oleh karyawan bagian keuangan yang bertugas mencatat setiap transaksi yang dilakukan setiap harinya seperti data pengeluaran dan pemasukan perusahaan serta pembayaran gaji karyawan.
3.      Pendapatan Perusahaan
Pendapatan perusahaan Ledtronik ini berkisar antara 150-200 juta rupiah perbulannya.

ASPEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor usaha yang  terpenting atau berharga pada sebuah organisasi atau sebuah perusahaan apalagi dalam sebuah manaemen. Sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan atau organisasi perlu pengembangan sampai pada taraf tertentu sesuai dengan perkembangan perusahaan. Pengembangan sumber daya manusia dapat dilaksanakan melalui pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan.
Jika ditinjau dari aspek sumber daya manusia, perusahaan Ledtronik sendiri mempunyai lima orang karyawan tetap yang terdiri atas beberapa bagian:
·         2 orang bagian pemasaran
·         1 orang bagian produksi
·         1 orang bagian keuangan
·         1 orang bagian Riset and Development
Sistem penggajian pada perusahaan Ledtronik dilakukan per bulan yang mana setiap karyawan memperoleh gaji pokok sebesar Rp 1.670.000 belum termasuk bonus. Sehingga setiap karyawan bisa memperoleh gaji ditambah bonus berkisar kurang lebih Rp 3.000.000 per bulannya.










ASPEK MANAJEMEN PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang ada melalui penciptaan proses pertukaran yang saling menguntungkan. Aktivitas pemasaran tersebut antara lain perencanaan produk, kebijakan harga, melakukan promosi, distribusi, penjualan, pelayanan, membuat strategi pemasaran dan lain-lain yang terkait dengan pemasaran.
Ditinjau dari aspek manajemen pemasarannya beberapa hal yang akan dibahas pada perusahaan Ledtronik adalah strategi pemasaran, segmen pasar, dan daerah pemasaran produknya.

1.      Strategi pemasaran
Strategi pemasaran perusahaan Ledtronik ini melalui dua cara yaitu secara online dan offline. Pemasaran secara online dilakukan melalui media sosial seperti facebook dan lain-lain. Sedangkan pemasaran secara offline dilakukan melalui Reseller, drop ke toko dan sales.
2.      Segmen Pasar
Segmen pasar dari produk Ledtronik yaitu masjid di seluruh Indonesia, kantor dan swasta.
3.      Daerah pemasaran
Daerah pemasaran untuk produk Ledtronik sudah dilakukan se-Indonesia,dan perusahaan Ledtronik sendiri sudah membuka beberapa cabang pemasaran produk diantaranya di Kalimantan Barat seperti di Sekadau, Sintang, Singkawang, Putussibau, Ketapang dll.





TANTANGAN DAN MOTIVASI
Setiap menjalankan usaha pasti selalu menghadapi berbagai tantangan. Untuk itu diperlukan cara untuk menghadapi tantangan tersebut supaya usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik. Salah satu faktor dalam mengatasinya yaitu dengan memotivasi diri.
1.      Tantangan
Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan Ledtronik yaitu pada saat awal perusahaan itu didirikan perusahaan masih belum memiliki karyawan dikarenakan untuk menghemat biaya. Oleh sebab itu pemasarannya masih dilakukan oleh pendiri/pemilik perusahaan ini. Disinilah timbul suatu tantangan dimana pemilik perusahaan mengalami kesulitan untuk memasarkan produknya dikarenakan produkya masih belum terkenal sehingga pemasarannya dilakukan dengan cara turun langsung untuk menawarkan produknya ke perusahaan ataupun pihak swasta, dan terkadang cukup banyak perusahaan menolak untuk membeli produk tersebut.

2.      Motivasi
Motivasi dari pemilik perusahaan ini adalah setiap manusia memiliki dua pilihan yaitu menjadi seseorang yang kaya ataupun menjadi orang yang kaya sekali. Jika ingin menjadi orang yang kaya cukup hanya dengan bekerja di perusahaan dengan mengharapkan gaji yang besarnya sama setiap bulannya. Sedangkan jika ingin menjadi orang yang kaya sekali jadilah seorang pengusaha. Motivasi inilah yang mendorong pemilik usaha untuk terus mengembangkan usahanya sehingga usaha tersebut bisa berkembang seperti sekarang.

KIAT SUKSES

Kiat sukses dari pemilik usaha Ledtronik ini adalah sebagai berikut:
1.      Jangan tidur setelah subuh
2.      Selalu berpikir positif (positive thinking)
3.      Disiplin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar